50 FAKTA MENARIK TENTANG VATIKAN

1. Kata Vatican berasal dari bahasa Latin “vates” yang artinya “pengkhabar masa depan” (tellers of the future)
semestafakta-vatican flag
2. Nama resmi Vatican adalah Stato della Città del Vaticano, yang artinya “Negara Kota Vatican”
3. Kota Vatican adalah negara terkecil di dunia dengan jumlah penduduk yang paling sedikit. Ukurannya hanya seluas 44 hektar (110 acre) dan penduduknya hanya sekitar 1000 orang. Vatican menganut sistem politik monarki oleh Paus dan dia satu-satunya monarki di Eropa yang memegang legislatif, eksekutif, dan yudikatif.
semestafakta- Map of Vatican City
4. Dibutuhkan sekitar 60 menit untuk mengelilingi tembok yang mengelilingi negara Kota Vatican.
5. Kota Vatican tidak memiliki bahasa resmi tertentu, tidak ada liga olahraga atau stadiun dan tidak ada akivias pertanian.
6. Vatican tidak mempunyai bandara dan jalan raya, hanya satu tempat pendaratan helikopter
7. Lebih dari 10 juta turis mengunjungi Basilica St. Peter setiap tahunnya
8. Arsitekur bangunan yang terkenal dan menjadi tujuan pavorit para turis adalah Basilica St. Peter, Kapel Sistine, Museum Vatican, dan Istana Apostolis.
semestafakta-St. Peter’s Basilicasemestafakta-Sistine Chapel
9. Jumlah penduduk yang tinggal di Kota Vatican sekitar 1100 dan 95% nya terdiri dari kaum laki-laki
10. Salah satu karya arsitektur Renaissance yang terkenal adalah Basilica St. Peter dan merupakan gereja terbesar di dunia. Di samping sebagai gereja induk dari gereja Katolik Roma atau sebagai katedral keuskupan Roma, Basilica St. Peter dianggap sebagai situs agama Katolik yang paling suci.
11. Istana Apostolis, yaitu tempat tinggal paus di Kota Vatican, memiliki 1400 kamar, 12523 jendela, hampir 1000 tangga dan 20 halaman istana. Bangunan ini memiliki Apartemen paus, bermacam-macam kantor pemerintah Gereja Kaolik Roma dan Kepausan Suci, kapel pribadi dan umum, museum Vaican dan perpustakaan Vaican, termasuk Aparemen Borgia yang sekarang digunakan untuk tempat penyimpanan karya seni.
semestafakta-Apostolic Palace
12. Secara resmi, paus adalah Uskup Romawi, pengganti pangeran Apostles, vikaris Yesus Kristus, paus tertinggi gereja seluruh dunia, pelayan Tuhan, kepala keluarga bangsa Barat, uskup teringgi Italia, uskup besar dan metropolian propinsi Romawi, dan raja negara Kota Vatican. Secara tidak resmi, dia sering dijuluki Kepala Gereja Dunia di Bumi, Bapa Pangeran dan Raja, dan Pontifex Maximus.
13. Di samping gereja S. Peter’s Basilica, ada juga gereja lain di Vatican, yaitu Sacred Grottoes of he Vatican.
14. Pada awal-awal sejarah gereja, tidak ada larangan menikah bagi paus. Kenyataannya, Paus Hormisdas (514-523) adalah aah dari Paus Silverius (536-537), sedngkan Paus Gregor I (590-604) adalah cucu laki-laki agung dari Paus Felix III (483-492)
15. Paus Benedict XVI adalah paus pertama ang bergabung dalam komunias Twitter. Sedangkan Paus Pius XII (1939-1958) adalah satu-satuna paus yang selalu menggunakan mesin ketik, dan secara pribadi mengetik seluruh pembicaraannya, termasuk draf pertama dari banyak surat ensikliknya.
semestafakta-Pope Benedict XVI
16. Paus yang mempunyai profesi selain profesi keagamaannya adalah Paus Eusebius (310 M) yaitu sebagai dokter dan sejarawan; Paus Boniface VIII (1294-1303) yang berprofesi sebagai pengacara; Paus Pius II (1458-1464) adalah seorang novelis dan sastrawan, Paus Innocent X (1644-1655) berprofesi sebagai hakim dan Paus Innocent XI (1676-1689) yang berprofesi sebagai bankir.
semestafakta-Pope Eusebiussemestafakta-Boniface VIIIsemestafakta-Pope Pius IIsemestafakta-Pope Innocent X
17. Ada sembilan paus yang dipecat karena suatu alasan, yaitu paus Silverius pada tahun 537, Martin I tahun 654, Romanus pada tahun 897, Leo V tahun 903, John XII tahun 963, Benedic V tahun 963, Leo VIII tahun 964, Slveser III tahun 1046, Benedict IX tahun 1044 dan tahun 1048
semestafakta-Pope_Silveriussemestafakta-martin I
18. Ada lima paus yang mengundurkan diri dari tahta paus, yaitu Clement I pada tahun 97, Pontianus tahun 235, Benedict IX tahun 1045, Celestine V tahun 1294, dan Gregory XII pada tahun 1415
19. Hanya ada satu paus yang berkebangsaan Inggris, yaitu Paus Hadrian IV: 1154-1159 dan hanya satu paus yang berasal dari Polandia, yaitu John Paul II: 1978-2005, dan tidak ada yang dari Portugis, Irish, Scandinavian, Slovakia, Slovenia, Bohemian, Hungarian atau Amerika
20. Paus yang memerintah paling lama adalah Paus Pius IX (1846-1878), yaitu selama 32 tahun. Dan yang paling pendek memerintah adalah Paus Stephen II yang meninggal pada 25 Maret 752, empat hari setelah pemilihan.
semestafakta-Pius IXsemestafakta-Stephen II
21. Paus Clement II (1046-1047) adalah satu-satunya paus yang dimakamkan di Jerman. Setelah kematiannya, jasadnya dikirim ke Bamberg dan dimakamkan Katedral Bamberg.
semestafakta-Pope Clement II
22. Paus John VIII (872-882) adalah satu-satunya paus yang dibunuh setelah dipukul ketika sedang tidur oleh penyerang dengan menggunakan martil, sembilan hari sebelum perayaan Natal.
semestafakta-John VIII
23. Satu-satunya paus yang meninggal karena kecelakaan adalah Paus John XXI (1276-1277) ketika pemugaran sayap bangunan Istana Paus di Viterbo, Italia, menimpa dia ketika dia sedang tidur, hanya sembilan bulan seelah dia erpilih sebagai paus.
semestafakta-Pope John XXI
24. Vatican mempunyai kantor pos sendiri sejak abad ke-14 dan mengeluarkan perangko sendiri. Diperkirakan Kanor Pos Vatican menangani sekitar dua juta suara per tahunnya, lebih dari 6 juta kartu pos, dan lebih dari 15000 paket. Bahkan dilaporkan bahwa Kantor Pos Vatican menghasilkan keuntungan setiap tahunnya, dan sebagian besar berhubungan dengan penjualan item-item seperi perangko, koin dan medali. Kota Vatican memperoleh sekiar 800 pound suara setiap harinya (25 tas). Sistem surat-menyurat Vatican yang banyak digunakan oleh orang Romawi dalam banyak hal adalah jauh lebih cepat dibandingkan surat menyurat model Italia.
25. Stasiun radio Vatican berlokasi di menara di dalam Taman Vatican dan disiarkan dengan 20 bahasa ke seluruh dunia. Siaran radio Vaican perama kali adalah pada anggal 12 Februari 1931 oleh Paus Pius XI
26. Stasiun kereta api dibuka pada tahun 1930 dan banyak digunakan untuk angkutan.
27. Pizza di San Pietro (St Peter’s Square) dan barisan tiang atap didesain dan dibangun oleh Bernini (selesai tahun 1667). Dengan panjang 314 meter dan lebar 240 meter adalah yang terbesar di Roma. Bernini (dengan bantuan muridnya) mendesain 140 patung orang suci yang menghiasi deretan tiang.
semestafakta-bernini
28. Vatican memasang sistem telepon pusat pertama kali pada tahun 1866 (ditemukan oleh Gian Battisti Marzi) lima ahun sebelum Amerika. Diperkirakan Vaikan memperoleh 18.000 kali panggilan telepon setiap harinya dan 25.000 kali setiap hari pada hari natal.
29. Kota Vatican mengeluarkan pasport sendiri.
29. Kota Vatican adalah Situs Warisan Dunia UNESCO, satu situs yang mencakup seluruh negara.
30. Ada satu super market di Kota Vatican, yang mensyaratkan membuat kartu tanda pengenal seblum memasukinya.
31. Orang Italia mendonasikan 8% pajak tahunannya kepada Vatican.
32. Museum Vatican panjangnya lebih dari 9 mil (14,5 km) dan seandainya kamu menghabiskan hanya 1 menit untuk melihat masing-masing lukisan maka kamu akan menghabiskan 4 tahun untuk melihat semua koleksi museum.
semestafakta-vatican museum
33. Kewarganegaraan Vatican bukan berdasarkan kelahiran tetapi dengan pengangkatan atau penunjukan.
34. Vatican mempunyai teleskop sendiri di Arizona, Amerika, yang digunakan untuk penelitian astronomi
35. Michelangelo pernah bekerja di Taman Apostolic, yaitu kediaman remi paus, dan dia pernah bekerja keras selama 4 tahun dari tahun 1508 sampai tahun 1512 untuk menyelesaikan lukisan dinding langit-langit bangunan.
semestafakta-Michelangelo
36. Salah satu fakta kota Vatican yang paling tidak terkenal adalah berhubungan dengan seorang wanita yang bertahan sebagai paus selama dua tahun. Diketahui ternyata Paus Joan adalah seorang wanita yang didandani dengan pakaian laki-laki yang telah mengelabuhi banyak pemuka jamaat dan setelah dia menerahkan anaknya selama prosesi kepausan, maka kebenaran terungkap dan dia hidupnya berakhir dengan sangat tragis.
semestafakta-pope joan
37. Setelah kasus Paus Joan, maka Paus didudukkan pada kursi khusus yang terbuka pada bagian bawahnya agar terlihat tanda kelelakiannya dan menghindari penyamaran wanita sebagai laki-laki.
38. Masa pemerintahan tersingkat adalah pada masa Stephen II yang memerintah hanya selama empat hari setelah pemilihan pada tahun 752 dan meninggal karena penyakit stroke. Kemudian Paus Urban VII pada ahun 1590, yang memerintah selama 13 hari. Paus termuda adalah Benedict IX yang berumur 11 ahun ketika dipilih menjadi paus pada tahun 1032.
39. Salah satu fakta Kota Vatican yang mencengangkan adalah bahwa Alexander VI menjadi ayah dari beberapa anak sebelum dan sesudah dia menyogok untuk menjadi Paus pada tahun 1492 yang kebetulan adalah tahun ditemukannya benua Amerika oleh Columbus. Diperkirakan bahwa dia mungkin juga ayahnya Columbus.
40. Pasukan pengawal Paus Swiss beranggung jawab atas keselamatan paus. Mereka adalah sebagai pengawal pribadi Paus dan sebagai penjaga kota Vatican dan villa paus Castel Gandolfo. Pasukan pengawal paus Swiss bekerja secara independen dan tidak ada kaitannya dengan angkatan bersenjata Swiss dan mereka dipekerjakan oleh Gereja Katolik Roma di bawah kepemimpinan paus.
semestafakta-Papal Swiss Guards
41. Pasukan pengawal paus dari Swiss (Papal Swiss Guards) selalu membuat takjub para turis dengan seragamnya gaya Renaissance yang mencolok dan aneh yang menjadikan sebagian besar orang menduga bahwa mereka itu seorang gai daripada benar-benar seorang tentara. Namun, pada tahun 1998, menurut dokumen kejadian ternyata di sana ada dua pecinta gay yang mempersembahkan sebagai Pasukan Pengawal Paus Swiss.
42. Tradisi pasukan pengawal paus dari Swiss bermula pada tahun 1506 ketika Paus Julius II memutuskan tentara dari Swiss adalah pekerja yang patuh. Seluruh tentara berjanji mengorbankan hidupnya untuk melindungi Paus. Pakaian seragam enara adalah garis-garis biru, merah, orange dan kuning ang didesain pada awal ahun 1900 an oleh seorang komandan yang terinspirasi oleh lukisan Raphael (1483-1520)
43. Untuk masuk menjadi anggota pasukan pengawal paus Swiss, seorang harus beragama Katolik, seorang lelaki yang tidak menikah dan harus berkewarganegaraann Swiss yang telah menyelesaikan pelatihan militer Swiss. Di samping iu, juga harus mempunyai surat kelakuan baik, berusia 19 sampai 30 tahun.
42. Salah satu yang membuat sock adalah bahwa Kota Vatikan mempunyai tingkat kriminal yang tinggi per kapitanya dan sebagian besar kriminal tidak dihukum meski ada polisi dan pasukan pengawal paus Swiss.
43. Pada tahun 2010 Bank Vatican terlibat dalam dugaan pencucian uang yang merupakan kejahatan cukup serius bagi tahta suci tersebut dan pada tahun yang sama salah satu Paus Benedictus memiliki pelayan yang terlibat dalam prostitusi gay yang telah menjatuhkan reputasi Vatican.
44. Selama Perang Dunia II, Paus Pius XII, sebagaimana paus-paus sebelumna ang menjadi paus dalam keadaan perang, meninggalkan dokumen yang menyampaikan kepada badan Pemilih Kardinal bahwa kalau dia menjadi tawanan atau dipenjara, brarti dia tidak lagi dianggap sebagai paus, oleh karenanya para kardinal harus mengadakan pemilihan paus yang baru.
Pope Pius XII (1876-1958)
45. Seluruh dunia bisa melihat bagaimana pemilihan paus dilakukan dengan cerobong asap di atap. Asap hitam berarti belum ada Paus. Asap putih berarti Paus baru sudah terpilih. Pada awalnya asap hitam dibuat dengan membakar kartu pemungutan suara dengan jerami basah, sedangkan asap puih dari pembakaran karu suara saja. Sekarang pembakaran ersebu sudah menggunakan bahan kimia.
46. Pemilihan paus baru dilakukan dengan kartu suara suci oleh 100 kardinal di kapel Sisine. Untuk memenangkan menjadi paus baru, seorang kardinal harus mempunyai dua pertiga mayoritas karu suara diambah satu suara.
47. Arsip rahasia Vatican melipui 16 mil empa rak. Sedangkan perpustakaan Vatikan memua lebih dari satu juta buku, 100.000 peta dan ukiran dan hampir 100.000 manuskrip.
48. Ketika ditanya berapa banyak jam kerja di Vatican, maka Paus John XXIII dengan penuh canda akan menjawab, “hanya sekitar setengah jam”. Tetapi kenyataannya Vatican mempekerjakan 3000 pekerja.
49. Plat nomor kendaraan Vatican dimulai dengan tulisan S.C.V. (Stato Citta Vaticono-State of Vatican City) dengan nomor berjalan dari 1 sampai 142.
50. Paus John II, paus ke-56, pada ahun 532 menjadi paus pertama (sejak S. Peter) yang menanggalkan nama pembaptisannya (terlahir dengan nama awalnya Mercurial atau Mercury) karena dia tidak merasa berhak menyandang nama kepausan tersebut setelah dewa Romawi (Roman god). Meski demikian, seluruh paus selanjutnya tetap menggunakan nama baptis sampai tahun 1009 ketika Sergius IV (terlahir dengan nama Piero Marino Buccaporci) memulai kebiasaan (sampai sekarang) menggunakan nama baru.

Sumber : semestafakta.wordpress.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "50 FAKTA MENARIK TENTANG VATIKAN"

Post a Comment

Katolik

Kata  Katolik  berasal dari kata sifat  bahasa Yunani ,  καθολικός  ( katholikos ), artinya "universal".  Dalam konteks  eklesiolo...